Pengertian CodeIgniter

CodeIgniter merupakan sebuah framework PHP dan juga open source, framework ini menggunakan model MVC (Model, View, Controller) dalam membangun website dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP. Framework CodeIgniter atau biasa disebut CI sudah banyak digunakan oleh para developer web dalam membangun sebuah web. Versi CodeIgniter terbaru saat penulis membuat tulisan ini adalah versi 2.1.3, anda bisa mendownload
CI disini.


Sebelum membahas apa itu model MVC, terlebih dahulu kita pahami tentang framework itu sendiri. Framework merupakan sekumpulan dari prosedur-prosedur, fungsi-fungsi, dan kelas-kelas yang memiliki tujuan tertentu yang siap digunakan sehingga pengguna tidak perlu membuat fungsi-fungsi tertentu dari awal. Framework tersebut dapat memudahkan dan mengefisienkan pekerjaan seorang web developer.

Pertanyaan yang sering muncul pertama kali ketika anda mengenal framework adalah "Mengapa kita harus menggunakan sebuah framework?" alasannya adalah sebagai berikut :

  1. Framework mempercepat dan mempermudah pembuatan sebuah aplikasi web
  2. Lebih bebas mengembangkan web jika dibandingkan dengan CMS
  3. Framework telah menyediakan fasilitas-fasilitas yang biasa digunakan sehingga seorang programmer tidak perlu membangun dari awal(contoh : pagination, error handling, validasi, dll)
  4. Pada umumnya framework lebih memudahkan programmer dalam maintenance atau pengembangan sebuah web karena sudah tersusun secara teratur dalam sebuah framework jika pembuatan web tersebut mengikuti standar yang ada.
Jadi, sekarang sudah tahu alasan kenapa harus menggunakan framework. Untuk selanjutnya akan kita bahas pengertian dari MVC. MVC atau model view controller adalah sebuah konsep yang sangat populer dalam pembuatan web, MVC memisahkan pengembangan aplikasi menjadi 3 komponen utama seperti mendesain user interface, manipulasi data, dan bagian kontrol aplikasi tersebut. Berikut penjelasan ketiga komponen tersebut :
  1. View adalah bagian yang menangani tampilan pada aplikasi web, biasanya bagian ini berisi template HTML yang diatur oleh controller. View berfungsi untuk menerima dan menampilkan data kepada user.
  2. Model adalah bagian yang berhubungan langsung dengan database untuk memanipulasi data seperti insert, update, delete, read, dll. bagian ini juga menangani validasi dari bagian controller.
  3. Controller adalah bagian  yang mengatur hubungan antara bagian model dan bagian view, controller juga memiliki fungsi untuk menerima request dan data dari user kemudian menentukan apa yang akan diproses oleh aplikasi.
Dengan menggunakan konsep MVC ini, suatu aplikasi web dapat dikembangkan sesuai dengan kemampuan para developernya. Bagian model dan controller akan ditangani oleh programmer sedangkan untuk bagian view akan ditangani oleh seorang desainer. Sehingga dalam pengembagannya akan semakin lebih efisien dan efektif.

Kelebihan CI dibandingkan framework PHP lainnya :
  1. Performa yang cepat
  2. Pengaturan yang sedikit
  3. Komunitas CI yang banyak
  4. Dokumentasi yang sangat lengkap

Penulis : iwan kurniawan ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Pengertian CodeIgniter ini dipublish oleh iwan kurniawan pada hari Wednesday, November 21, 2012. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan Pengertian CodeIgniter
 

0 comments:

Post a Comment