Cara Menggunakan CI

Kali ini kita akan membuat program sederhana dengan menggunakan CI, bagi yang belum tahu apa itu CI bisa dilihat disini. Pertama kali dalam membuat program di CI kita harus menyiapkan terlebih dahulu framework CI yang anda miliki, jika belum silahkan download disini. Jika sudah anda download, berikut langkah-langkahnya :

1. Ekstrak file yang telah di download, kemudian untuk memudahkan dalam pembuatannya ganti nama folder tersebut sesuka anda tapi kali ini kita rubah nama folder tersebut menjadi "coba".

2. Pindahkan folder tersebut ke dalam web server misalnya jika anda menggunakan web server xampp maka anda pindahkan folder "coba" ke dalam folder htdocs. (contoh: C:\xampp\htdocs)

3. Buat file controller dengan nama pertama.php dan disimpan didalam folder \xampp\htdocs\coba\application\controllers\. Jika sudah ketikkan program dibawah ini:


class Pertama extends CI_Controller {
function __construct()
{
parent::__construct();
}
    function index()
    {
      $this->load->view("hello_codeigniter");
    }
    function view()
    {
        $data['judul'] = "Judul Program";
        $data['isi'] = "Isi Program";
        $this->load->view("pertama_view",$data);
    }
}
 Untuk nama class harus sama seperti nama filenya dan harus diawali dengan huruf besar.

4. Selanjutnya buat file view untuk menampilkan data yang ada di file controller, untuk file view anda harus menyimpannya di dalam folder \xampp\htdocs\coba\application\views. Buat file view kemudian simpan dengan nama pertama_view.php, jika sudah ketikkan kode di bawah ini :





Page rendered in {elapsed_time} seconds
5.  Kemudian buka browser anda dan ketikkan http://localhost/coba/index.php/pertama/view maka program yang anda buat akan  tampil seperti berikut :


SELAMAT MENCOBA


Penulis : @iwan.krwn ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Cara Menggunakan CI ini dipublish oleh @iwan.krwn pada hari Friday, November 23, 2012. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan Cara Menggunakan CI
 

0 comments:

Post a Comment