Puasa Sunnah Bulan Dzulhijjah

Puasa di bulan dzulhijjah merupakan salah satu puasa sunnah yang sangat dianjurkan oleh Rasulullah SAW, terutama pada tanggal 9 Dzulhijjah atau sering disebut dengan hari Arafah. Sebagaimana hadist Rasulullah SAW :
“…puasa hari Arafah, saya (Nabi Saw) berharap kepada Allah agar menjadikan puasa ini sebagai penebus (dosa) satu tahun sebelumnya dan satu tahun setelahnya..” (HR.  Muslim dan Ahmad).
Namun diperbolehkan juga untuk berpuasa sunnah mulai dari tanggal 1 Dzulhijjah hingga 9 Dzulhijjah dan pada tanggal 10 Dzulhijjah dianjurkan untuk melaksanakan qurban. Hal ini berdasarkan hadist Rasulullah SAW :
“Dari Ibni Abbas r.a. bahwa Rasulullah SAW bersabda, ‘Tidak ada amal yang lebih dicintai Allah dari hari ini (yaitu 10 hari pertama bulan Dzulhijjah)’. Mereka (para sahabat) bertanya, ‘Ya Rasulullah SAW, dibandingkan dengan jihad fi sabilillah?’ Jawab Rasul, ‘Meskipun dibandingkan dengan jihad fi sabililllah…”(HR. Jamaah kecuali Muslim dan Nasai, Nailul Authar: 3/312).
Jadi perbanyaklah amal ibadah pada 10 hari pertama di bulan Dzulhijjah ini, bila tidak mampu untuk berpuasa dari tanggal 1 Dzulhijjah maka berpuasalah pada tanggal 9 Dzulhijjah pada hari Arafah.

Penulis : iwan kurniawan ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Puasa Sunnah Bulan Dzulhijjah ini dipublish oleh iwan kurniawan pada hari Tuesday, October 23, 2012. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan Puasa Sunnah Bulan Dzulhijjah
 

0 comments:

Post a Comment