Batik Kebanggaan Indonesia

Hari ini tanggal 2 Oktober 2012 merupakan peringatan hari batik nasional yang ketiga sejak diresmikannya batik sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi oleh UNESCO pada tanggal 2 Oktober 2009. Sejak itu lah Batik menjadi salah satu kebanggaan Indonesia yang dapat dikenal oleh dunia. Kata batik berasal dari kata ngembat yang disingkat menjadi mbat dan titik yang disingkat menjadi tik. Makna dari dua kata tersebut ialah melontarkan titik. Jadi mem-batik merupakan kegiatan melontarkan atau melemparkan titik demi titik diatas kain.

Batik sendiri telah berkembang dari pakaian yang biasa dipakai oleh kalangan kerajaan pada zaman kerajaan Majapahit menjadi pakaian resmi dan formal. Batik bukan sekedar pakaian yang digunakan oleh kawula tua untuk datang ketempat orang hajat. Sekarang ditangan generasi muda batik telah bertransformasi menjadi pakaian yang modis baik dari model dan jenisnya.

Dengan menggunakan batik, maka terdapat kebanggan untuk mengenakannya. Bangga akan bangsa Indonesia dan bangga dengan budaya yang dimiliki oleh Indonesia. Ketika mengenakan batik hari ini jangan sampai kita hanya ikut-ikutan orang banyak tanpa menghadirkan rasa kecintaan kita terhadap Indonesia. Hidup Indonesia, merdeka negaranya dan sejahtera rakyatnya !!!

Penulis : @iwan.krwn ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Batik Kebanggaan Indonesia ini dipublish oleh @iwan.krwn pada hari Tuesday, October 2, 2012. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan Batik Kebanggaan Indonesia
 

0 comments:

Post a Comment