Kisah seorang programmer pemula



Kisah ini dimulai ketika ane memasuki gerbang pintu perkuliahan di universitas Gunadarma, ane masuk di jurusan tekhnik informatika lebih tepatnya fakultas Teknologi Industri, jurusan Tekhnik Informatika, dan sekarang kelas 3IA09..
Pada awalnya ane gak tau sama sekali jurusan teknik informatika itu bakal belajar apa sih, apa belajar buat komputer, design grafis atau cuma sekedar belajar tentang teknologi komputer di dunia tapi gak lama ane kuliah, ane baru menemukan jawaban yang tepat buat ane, ternyata
di jurusan ini ane malah belajar pemrograman..yang gak pernah ane pikirkan sebelum masuk ke jurusan ini.

Emang jurusan teknik informatika ini butuh logika yang matang dalam memutuskan permasalahan atau persoalan yang sedang di hadapi apalagi kalo mau jadi programmer,logika mesti kudu wajib jalan tuh karena kita akan menghadapi permintaan dari konsumen untuk menjabarkan apa yang diinginkan seorang konsumen ke dalam bahasa pemrograman agar komputer dapat mengerti apa yang akan kita buat dan terciptalah program baru.hahahah...., kalo bahasa kerjanya mah ngadepin project dari klien gitu.hehehe

Sebenarnya programming itu mudah kok, kata siapa susah??? coba aja kalo kalian semua tiap hari mencoba koding yang baru, bisa diambil dari buku, atau juga bisa dari web atau blog orang yang biasanya kalo program sederhana mereka posting di blognya,. atau bisa juga dari kode yang lama trus kalian edit lagi sampai jadi program yang baru.

Kalo mau jadi programmer yang penting sering baca buku pemrograman, sering nyoba buat program, ketik-ketik source code biar kita terbiasa ama pemrograman, dan yang menjadi modal utama adalah kecerdasan berfikir kita untuk menyelesaikan masalah dengan cara yang mudah dan waktu yang efisien.
Karena kita diajak untuk menggunakan logika kita, membayangkan hal-hal yang baru agar tercipta program yang inovatif untuk masyarakat luas...

Pertama kali ane buat sebuah aplikasi yang lumayan sudah kompleks menggunakan bahasa java ketika ane ingin melamar menjadi asisten LePKom agustus tahun lalu, ketika itu ane yang telah lulus tahap kedua disuruh membuat suatu aplikasi untuk dipresentasikan di tahap penyeleksian berikutnya. Alhamdulillah karena ane sering membuat program-program sederhana akhirnya ane membuat sebuah aplikasi untuk menghitung biaya pembelian ikan, dan sekarang saya sudah berada di LePKom.

Jadi, intinya sih programming itu mudah bila kita mau berusaha untuk belajar dan terus belajar, eitz satu lagi yang gak boleh ketinggalan kalo cuma belajar tapi ga dibarengi dengan praktek maka percuma deh,..jadi banyak-banyak mencoba ya.
YAKINLAH BAHWA KITA BISA, MAKA ALLAH AKAN MEWUJUDKANNYA

udah dulu yaaa

Penulis : iwan kurniawan ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Kisah seorang programmer pemula ini dipublish oleh iwan kurniawan pada hari Tuesday, October 5, 2010. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 6 komentar: di postingan Kisah seorang programmer pemula
 

6 comments:

  1. Oh jadi programmer itu apa sih???

    ReplyDelete
  2. Buat riki, programmer adalah orang yang membuat sebuah program, baik itu program sederhana sekalipun bisa dibilang seorang programmer.hehehe

    ReplyDelete
  3. mas apakah programmer itu harus pandai matematika??
    ya gitu pengen jdi programmer sih tapi matematikanya kurang,,,hehehhehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ga juga ko, yang penting logikanya jalan mas.
      kalau matematika di programmer ya sekedar tau dasar dari matematikanya aja.. semangat mas!!

      Delete
  4. kalo kita mau coba prakteknya , itu lewat apa ya om ? makasih ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. tergantung pake bahasa pemrograman apa, tapi kalo sekarang sih belajar java aja, yaa walaupun buat pemula agak lebih sulit dibandingkan bahasa yang lain, tapi ga menyesal deh kalo udah bisa.. semangat

      Delete