3B(Berilmu, Beramal, Bermanfaat)


Setiap orang pasti mempunyai prinsip dalam hidupnya sebagai pegangan dalam kehidupan sehari-hari seperti ane misalnya, prinsip ane sih sederhana aja cukup 3B yaitu berilmu, beramal, dan bermanfaat. Kenapa ane berprinsip 3B, karena setelah ane pikir-pikir kalau ane mau menolong orang pasti ane butuh ilmu sebelum menolong orang tersebut karena gak mungkin dong kita menolong orang tapi kita sendiri gak tau cara menolongnya atau kita gak tau permasalahannya, nah disitulah kita butuh ilmu, setelah kita punya ilmu janganlah sungkan-sungkan untuk menyebarluaskan kepada orang-orang sekitar kita agar dapat bermanfaat bagi orang lain.
Kenapa kita butuh ilmu???
karena ilmu merupakan pintu menuju kesuksesan, kalau kita tidak punya ilmu kita bisa diibaratkan orang buta yang berjalan di siang hari dan berjalan dengan tersungkur-sungkur tapi bila kita mempunyai ilmu kita diibaratkan seorang atlit lari marathon juara olimpiade 3 kali berturut-turut yang sedang berlari menuju kemenangan yang keempat kalinya. ngerti ga??? jadi maksudnya gini kalo kita sudah punya ilmu misalkan di salah satu bidang dan di bidang itu kita dapat menjadi ahli maka dengan sendirinya kita pasti dapat menjadi sukses. Kata orang banyak sarjana yang menganggur padahal mereka sudah menuntut ilmu selama 18 tahun(di hitung dari TK - S1) di bidangnya masing-masing, jadi yang kuliah belum tentu bekerja dong??? Nah, maka dari itu kita harus berilmu dan menjadi ahli di bidangnya masing agar setelah kita lulus S1 dapat bekerja di bidangnya masing-masing, misal: yang kuliah di jurusan pertanian bisa menjadi instruktur di desa-desa membantu petani agar hasil panennya dapat maksimal, jurusan IT bisa jadi konsultan, programmer, system analis, dll. Tapi kalau ga dapat pekerjaan ya jangan dibuat susah kan kita udah ahli, kita buat lapangan pekerjaan sendiri aja. Berilmu OK !!!
Setelah kita memiliki ilmu barulah kita beramal arti beramal disini berarti melakukan pekerjaan yang berguna untuk diri sendiri maupun orang lain dengan berlandaskan ilmu yang telah kita miliki. Percuma kan, kalau punya ilmu tidak diamalkan jadi sia-sia dong ilmu yang telah kita pelajari. Ilmu dan amal harus berjalan berdampingan karena bila salah satu diantaranya tidak ada maka setiap perbuatan yang dikerjakan menjadi berkurang nilainya. Misalkan dalam dunia kerja setiap pekerja pasti di gaji, tapi belum tentu setiap pekerja gajinya sama karena perusahaan melihat apakah ia seorang sarjana atau hanya lulusan SMA/SMK, memiliki jabatan tinggi atau hanya pegawai biasa. Maksudnya bila ia seorang sarjana maka ia akan mendapat gaji yang lebih besar karena dianggap memiliki ilmu yang lebih dibandingkan lulusan SMA dan sederajatnya, kemudian jabatan dapat dipegang oleh siapa saja karena kenaikan pangkat jabatan dilihat dari perilaku tiap pekerja apakah ia rajin atau malas berpotensi menjadi pemimpin atau tidak. Namun seorang pemimpin haruslah memiliki ilmu agar dikemudian hari bila ia mendapat suatu permasalahan, ia dapat langsung menanganinya dengan baik. Maka dari itu dengan ilmu dan amal maka kita akan mendapatkan yang lebih baik dibandingkan hanya berilmu atau hanya beramal(berbuat). Beramal so pasti!!!
Setelah berilmu dan beramal  maka tujuan akhirnya ialah bermanfaat bagi orang lain dan diri sendiri. Bermanfaat berarti dapat memberikan keuntungan kepada orang lain bila kita dekat dengannya atau dengan membantunya. Orang yang bermanfaat dapat diibaratkan sebuah pohon yang sangat subur, besar dan juga rindang di tengah padang pasir, buahnya banyak dan dapat di makan, tempat untuk beristirahat bagi para musafir yang sedang kelelahan karena bepergian jauh dan dengan memakan buahnya yang segar ia dapat melanjutkan kembali perjalanannya. Maka bermanfaatlah bagi orang banyak agar setiap ilmu dan amal kita tidak menjadi sia-sia. Bermanfaat mantap!!!
Ilmu yang kita cari bukan hanya ilmu dunia namun ilmu akhirat perlu kita pelajari agar kita dapat menjadi pribadi yang baik, karena agama sebagai pedoman hidup bagi kita. Beramallah sebanyak mungkin ke semua orang karena suatu saat mereka pasti akan membantu kita bila sedang kesulitan. sebaik-baik manusia ialah yang bermanfaat bagi orang lain.

Berilmu OK, Beramal So Pasti, Bermanfaat Mantap

Penulis : iwan kurniawan ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel 3B(Berilmu, Beramal, Bermanfaat) ini dipublish oleh iwan kurniawan pada hari Sunday, October 31, 2010. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan 3B(Berilmu, Beramal, Bermanfaat)
 

0 comments:

Post a Comment